Senin, 10 Oktober 2016

Sambutan Kepala sekolah Sdn 51 Balai makam oleh Ibuk Hj. Martati. S.Sos. M.Si

    Menurut Buk Hj Martati.S.Sos. M.Si bahwa kegiatan dalam rangka memperingati tahun baru islam perlu digalakkan disetiap sekolah karena  kegiatan ini merupakan kegiatan yang mengandung nilai edukasi yang sangat perlu diketahui oleh peserta didik.  disamping itu juga siswa dapat mengetahui sejarah lahirnya tahun baru hijriyah.
    Tahun baru islam jatuh pada 1 Muharram oleh sebab itu maka perlu diperingati agar kita tidak lupa ini juga merupakan Hari besar islam,oleh karenanya dengan datangnya tahun baru ini kita mesti mengevaluasi setiap amal kita. agar kedepan bisa lebih ditingkatkan. dan kita mengetahui setiap tahun baru masehi hampir semua kita memperingati namun dengan berbagai cara bahkan menghabiskan dana yang cukup besar. bahkan ada yang melakukannya dengan kegiatan yang negatif namun tentunya itu tidak kita harapkan. kita berharap bagi generasi mendatang dapat melakukannya dengan kegiatan positif, oleh karenanya kita sebagai generasi Islam dapat memberikan contoh dengan memperingati tahun baru islam diisi dengan kegiatan - kegiatan positif.
Tahun baru Islam merupakan sebuah perhitungan tahun bagi umat Islam yang dimulai dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah.
Peristiwa ini tergores dalam tinta sejarah Islam yang hingga saat ini diperingati sebagai pergantian tahun baru Islam.
Peristiwa Hijrah dari Makkah ke Madinah bukan saja mengandung nilai sejarah dan strategi perjuangan, tapi juga mengandung nilai-nilai dan pelajaran berharga bagi perbaikan kehidupan umat secara pribadi dan kejayaan kaum muslim pada umumnya.
Tahun hijriyah mulai diberlakukan pada masa Khalifah Umar bin Khattab. Sistem penanggalan Islam itu tidak mengambil nama ‘Tahun Muhammad’ atau ‘Tahun Umar’. Artinya, tidak mengandung unsur pemujaan seseorang atau penonjolan personifikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar